Cara Membuat Pop Up Card

Hai teman teman.  Kali ini saya akan menjelaskan sedikit cara pembuatan Pop Up Card . Kalian tau ga sih apa itu pop up card? Pop Up Card adalah kartu ucapan yang terbuat dari kertas dengan efek 3 dimensi. Efek 3 dimensi tersebut akan muncul jika kartu dibuka.  Tentu saja Pop Up Card  lebih menarik dibanding dengan kartu ucapan biasanya karena pembuatan kartu ini lebih unik dan lebih membutuhkan sedikit kreativitas dari diri masing masing si pembuat. Sama seperti kartu biasanya,  pembuatan pop up ini pun dapat disesuaikan dengan kebutuhan .  mulai dari ucapan ulang tahun, ucapan tahun  baru , ucapan hari ibu sampai ucapan untuk hari keagamaan.


Dan ini adalah cara pembuatan Pop Up Card yang saya buat kepada teman saya.


siapkan bahan bahan yang dibutuhkan , yaitu:
1)      Art karton berwarna polos
2)      Karton putih polos
3)      Kertas origami bermotif
4)      Karton bermotif polos
5)      Gunting
6)      Lem
7)      Double tip

8)      Spidol warna





  Gunting art karton berwarna polos yang berukuran 50cm x 60cm menjadi dua bagian. Yaitu 25cm x 30cm. 





   Setelah art karton tersebut menjadi 2 bagian, tekuk kembali menjadi 2 bagian.




Buatlah 2 garis simetris di tengah tekukan masing masih 10cm. kemudian gunting garis tersebut sehingga bisa menjadi sebuah sanggahan.





Dirikan art karton yang sekarang sudah menjadi engsel dari Pop Up Card.




      Siapkan bahan bahan untuk isi Pop Up Card,  yaitu : karton putih polos , kertas origami, pensil , dan gunting.





    Buatlah gambar pola berbentuk tubuh kue cupcake di kertas origami. Kemudia lapiskan kertas origami tersebut dengan kertas karton putih polos sehingga menjadi lebih kokoh






Selanjutnya  gambarlah pola toping kue cupcake dengan kertas origami yang berwarna beda dengan sebelumnya. Untuk memberikan efek lebih berwarna




    Kemudian buatlah pola buah ceri menggunakan kertas origami yang  warnanya  berbeda kembali dengan sebulumnya dan tempelkan di atas replika toping kue cupcake .



    Replika cupcake yang sudah jadi kemudian di  tempelkan pada engsel Pop Up Card yang telah kita baut sebelumnya. Pop Up Card sederhana pun  sudah jadi. Kita bisa menambahkan sedikit kata ucapan pada kartu tesebut sesuai dengan kebutuhan dan menghiasnya dengan keinginan kita sendiri.

Mudah bukan membuat Pop Up Card ?  apakah ada yang berminat untuk mepraktikan nya di rumah untuk menghaiskan waktu senggang?  Dengan bahan yang seadanya kamu dapat menciptakan suatu karya yang kreatif dan memiliki karya seni serta nilai jual yang cukup tinggi loh. Ayo jangan takut mencoba hehe selamat ber kreatifitas ya teman teman. Salam kreatif!


-Awalendi Ema Pajarini

Komentar

Postingan Populer